Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Reka Ulang Pembunuhan Kopassus

Kompas.com - 19/10/2010, 22:53 WIB

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menggelar reka ulang kasus pembunuhan anggota Kopassus Kopral Dua Santoso, dengan tersangka dukun pijat Yulianto (37), warga Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Selasa (19/10/2010).

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Sukoharjo, AKP Sukiyono, memimpin jalannya reka ulang dengan disaksikan, antara lain, Wakil Kepala Polres Kompol Endras Setyawan, tiga jaksa Kejaksaan Negeri Sukoharjo masing-masing B. Pasaribu, Triyono, dan Yeni Astuti, serta dua penasihat hukum Yulianto, Sumarsoni dan Sutarto.

Mulyati, istri tersangka, juga tampak hadir pada kesempatan itu. Reka ulang berlangsung lancar dan aman di Markas Polres Sukoharjo.

Endras mengatakan, reka ulang dilakukan petugas tidak di lokasi kejadian dengan alasan keamanan.

"Kebetulan dua korban lainnya dalam kasus itu beralamat tidak jauh dari rumah Yulianto," katanya.

Santoso adalah anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan, Kartasura, sedangkan alamat tempat tinggalnya di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo.

Saat reka ulang itu korban diperankan oleh anggota polres setempat Briptu Priyo Supriyadi.

Meskipun lokasi reka ulang tidak di tempat kejadian perkara, hal itu tetap sesuai dengan prosedur.

Saat reka ulang, Yulianto melakukan 30 adegan menggambarkan kronologi pembunuhan sejak korban datang ke rumah tersangka itu untuk minta dipijat hingga dibunuh dan dikubur di salah satu kamar di rumah tersangka.

Tersangka nampak tenang saat melakukan reka ulang itu, dia juga terlihat hapal secara detail atas kejadian itu.

Pasarribu yang juga Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Sukoharjo, mengatakan, semua adegan reka ulang sesuai dengan pengakuan tersangka.

"Saat ini masih konsentrasi kepada korban pertama dan untuk rekonstruksi berikutnya dengan korban lainnya menunggu hasil dari reka ulang ini dan koordinasi dengan pihak kepolisian terlebih dahulu," katanya.

Yulianto mengaku, telah melakukan pembunuhan dengan enam korban yakni Kopda Santoso, Sugiyo, Suhardi, Siti Aminah, Parwoto, dan Siti Rusminah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com