Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbekal Rp 67.000 Jadi Ketua DPRD

Kompas.com - 11/10/2010, 08:25 WIB

KOMPAS.com — Siapa yang tak kenal dengan sosok muda berbakat  H Asep Roni, suami dari Hj Ida Farida, seorang yang berpengaruh di Kabupaten Ciamis. Selain sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), ia juga menyandang jabatan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Ciamis.

Ketika wartawan berkunjung di rumah dinasnya beberapa waktu lalu, keakraban serta keharmonisan keluarga tersebut sangat kental terasa.

Berbekal Rp 67.000, dia bersama istrinya mengembangkan usaha seadanya. Hingga kini mereka mempunyai pangkalan ayam di lebih dari 5 titik dan mampu membiayai tangga menuju Ketua DPRD Ciamis.

Asep Roni menuturkan, sebelum menjadi Ketua DPRD Ciamis, ia sebagai pengusaha. Usahanya di bidang ternak ayam bisa menghasilkan Rp 10 juta per bulan. "Kalau sekarang, kami sibuk dengan pekerjaan menjadi Ketua DPRD," lanjutnya.

Menyinggung kesuksesan pekerjaannya, terselip hati yang tak seirama dengan tugasnya. Salah satu contoh, yakni penggunaan kendaraan operasional, menurut dia, berlebihan. Untuk mengatisipasi itu, dirinya tidak menggunakan kendaraan operasional setiap ada kegiatan. Ia memilih menggunakan kendaraan pribadi saja. Bahkan, mobil inventaris  harusnya dua diambil satu guna mengurangi pembiayaan negara.

"Kalau waktu itu, saya sudah menjabat ketua dewan, saya pasti tidak akan menyetujui pembelian mobil itu," katanya.  Diakuinya, segala apa yang didapat sekarang banyak tantangan dan hambatan. Semua itu dijadikan sebagai pemacu keberhasilan nanti.

Isu yang menerpa sudah berbagai hal, tetapi dihadapi dengan hati yang lapang, baik oleh dirinya maupun keluarganya. "Maklum, saya kan sudah menjadi public figure," kata Asep. Pasangan H Asep Roni dan Hj Ida Farida dianugerahi  3 anak, yaitu Dani M Ridwan (15), Annisa Purnama Sari (10), dan Ade Raja M Ridwan (6). (Nudin Senjaya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com