Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkopolhukam Sudah Lapor Presiden

Kompas.com - 15/08/2010, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, insiden penembakan dan penahanan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh patroli laut Malaysia sudah dilaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ya, sudah dilaporkan, melalui ajudan beliau," kata Djoko, Jakarta, Minggu (15/8/2010).

Djoko menambahkan, dirinya sudah menginstruksikan kepada Kementerian Luar Negeri, duta besar Indonesia untuk Malaysia dan juga konsulat Jenderal (Konsul) Indonesia yang ada di Johar Baru untuk segera membebaskan tiga petugas KKP yang ditahan.

"Kita sudah lakukan langkah-langkah dengan memerintahkan pihak terkait untuk segera membebaskan tiga petugas KKP yang ditahan," kata Djoko.

Menurut mantan Panglima TNI itu, sebenarnya tidak ada penembakan yang dilakukan oleh kapal patroli Malaysia.

"Hanya tembakan suar saja atau tembakan peringatan saja. Jadi tidak benar ada tembakan kepada kapal patroli KKP," ujar Djoko.

Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Aji Sularso membenarkan penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan tetapi membantah terjadi penembakan terhadap kapal patroli KKP oleh Polisi Diraja Malaysia.

"Benar ada penangkapan terhadap tiga petugas KKP. Saat ini kami tengah mengupayakan agar ketiga petugas itu dibebaskan," katanya.

Saat ini, kata Aji, pihaknya sudah mengirim dua direktur dan Kepala Satuan Kerja Pengawasan KKP ke Malaysia untuk membebaskan tiga petugas tersebut.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri juga tengah melakukan pembicaraan dan pendekatan diplomatik dengan Malaysia.

"Sekarang tengah kami upayakan untuk membebaskan tiga petugas itu, baik dari KKP sendiri maupun dengan cara diplomatik," kata Aji.

Aji menambahkan, peristiwa penangkapan tiga petugas KKP itu sudah dilaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto.

Tiga petugas KKP ditahan oleh Polisi Diraja Malaysia karena mereka menangkap nelayan Malaysia yang mencuri ikan di perairan Indonesia tepatnya di daerah Bintan, Kepulauan Riau pada Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com