Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angker, Hati-hati Lewat Tanjakan Manula

Kompas.com - 04/08/2010, 04:47 WIB

LIWA, KOMPAS.com - Tanjakan Manula yang berada di dekat makam Syekh Manula, sangat ditakuti pengendara Jalur Lintas Barat Bengkulu-Lampung, sekitar 370 Km dari Bandarlampung. Selain curam, tanjakan ini juga diyakini angker.

"Saat melintas ditanjakan manula jantung saya berdebar, selain takut melihat curamnya jalur tanjakan, tanjakan ini diyakini angker, karena di area tanjakan tersebut terdapat makam bernama Syekh Manula," kata pengendara dari Bengkulu, Eguh Pamungkas (43) di Lemong, Rabu (4/8/2010).

Dia menjelaskan, cerita mistik terkait tanjakan manula berkembang. "Karena di tanjakan ini kerap terjadi kecelakaan lalu- lintas yang kerap merenggut korban jiwa, membuat suasana semakin mencekam, tetapi ada alasan yang paling masuk akal. Yakni, kerusakan di jalur tanjakan juga curam, membuat tanjakan manula ditakuti," kata dia.

Tanjakan Manula mengalami kerusakan cukup parah, selain dekat jurang dengan kedalaman hingga 40 meter lebih.

Di Tanjakan Manula ini, pernah terjadi kecelakaan bus dengan korban tewas 12 orang. Salah satunya, sepasang pengatin yang baru saja melangsungkan pernikahan.

"Kerusakan Jalur Lintas Barat yang berada di tanjakan manula, menambah kesan angker bagi yang melintas, tidak dipungkiri terkait cerita mistik dijalur ini memang ada, tetapi tidak separah yang yang diceritakan masyarakat," kata Suwarsono (54), pelintas jalur tersebut. Dia menjelaskan, bila kondisi kendaraan tidak fit, jangan berani melewati tanjakan manula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com