Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiang Rumah di Kebumen Pun Bergoyang

Kompas.com - 26/06/2010, 18:00 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Gempa 6,3 skala Richter yang berpusat di 118 kilometer barat daya Tasikmalaya, Sabtu (26/6/2010) pukul 16.50, juga dirasakan warga Cilacap, Kebumen dan Banyumas, Jawa Tengah.

Sejumlah warga di Kebumen dan Cilacap sempat berhamburan keluar rumah karena guncangan gempa dirasakan cukup kencang. "Genting rumah saya sampai berderit dan kayu-kayunya sempat bergoyang," kata Dasir (40), Kepala Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Guncangan gempa di Desa Karangduwur dirasakan cukup kencang karena desa ini berada di kawasan pesisir Kebumen, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap. "Ada hampir satu menit kami merasakan guncangan gempa," lanjut Dasir.

Di Cilacap, warga juga berhamburan keluar rumah karena khawatir akan terjadi tsunami. Sachri (45), warga Kecamatan Cilacap Selatan, mengaku, tiang penyangga rumahnya pun sampai bergoyang akibat guncangan gempa. "Lumayan keras guncangannya," ucapnya.

Di Banyumas, guncangan gempa memang tak sehebat yang dirasakan di Kebumen dan Cilacap, sehingga tak menimbulkan kepanikan warga. Namun sejumlah perabotan rumah tangga sempat bergerak ketika guncangan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com