Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelundupan 9.976 Amfetamin Digagalkan

Kompas.com - 26/02/2010, 22:07 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Upaya penyelundupan 9.976 butir amfetamin oleh jaringan internasional melalui Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang digagalkan Kantor Bea Cukai Yogyakarta.

Penyelundupan ini mengindikasikan bahwa pelaku mencoba memanfaatkan libur panjang akhir pekan yang padat penumpang dan kelengahan petugas.

"Jaringan internasional tersebut cukup cerdik memanfaatkan libur akhir pekan yang sangat padat penumpang dan kemungkinan pola ini sudah lama dipelajari," kata Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Halendra, Jumat (26/2/2010) malam.

Menurut dia, dengan kepadatan penumpang dan kesibukan lalu lintas mereka mengharapkan petugas bandara lengah sehingga upaya penyelundupan tersebut dapat lolos pemeriksaan.

"Namun, upaya ini tidak berhasil karena sesibuk dan sepadat apa pun kami tetap melakukan pemeriksaan dengan ketat, terlebih terhadap barang bawaan yang mencurigakan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga merasa heran karena ternyata narkoba tersebut lolos pemeriksaan di Bandara Guang Zhou ataupun bandara di Singapura.

"Kami juga menduga ada sindikat yang kuat sehingga narkoba tersebut bisa sampai lolos di dua bandara internasional tersebut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com