Minggu, 21 Desember 2014

News / Regional

Puncak Telomoyo, Lokasi Paralayang Tertinggi di Indonesia

Minggu, 27 Desember 2009 | 19:23 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Puncak Gunung Telomoyo berketinggian 1.880 meter dari permukaan laut di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah merupakan lokasi peluncuran paralayang tertinggi di Indonesia. Potensi ini masih bisa digali dengan meningkatkan infrastruktur jalan dan pembuatan landasan tinggal landas yang memadai.

"Lokasi ini sangat potensial untuk berlatih paralayang nomor cross country karena ketinggiannya memadai, sehingga bisa terbang lama dan jauh. Danau Toba (Sumatera Utara) sekitar 870 meter dari permukaan laut (dpl). Di Palu (Sulawesi Tengah) juga tidak setinggi ini," kata pelatih tim Paralayang Kota Semarang Wawan, saat Fun Fly Klub Paralayang Gedongsongo di Puncak Telomoyo, Minggu (27/12/2009).

Menurut dia, Gunung Telomoyo itu tergolong baik untuk paralayang karena menawarkan pemandangan yang menarik, serta relatif terbuka. Selain itu, perjalanan menuju puncak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat. Namun, lokasi peluncuran itu masih belum didukung landasan luncur yang memadai. Selain itu, infrastruktur jalan beraspal menuju puncak sudah rusak parah.


Editor : wah