Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JICA Tawarkan Bantuan Desain Rumah Tahan Gempa

Kompas.com - 24/10/2009, 08:35 WIB

PARIAMAN, KOMPAS.com — Lembaga bantuan Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA), menawarkan desain rumah dan bangunan ramah gempa kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

"Tawaran itu sudah disampaikan kepada kita dan akan dijadikan salah satu acuan untuk pembangunan kembali rumah warga dan bangunan lainnya pada proses rekonstruksi pascagempa," kata Sekretaris Daerah Pemkab Padang Pariaman, Yuen Karnova, di Pariaman, Sabtu (24/10).

Desain rumah tersebut dapat digunakan dalam program rekonstruksi pascagempa 7,9 SR yang melanda daerah itu pada akhir September 2009. Menurut dia, tawaran bentuk desain bangunan ramah gempa ini sangat diperlukan oleh Padang Pariaman, apalagi Jepang telah dikenal sebagai negara yang telah berpengalaman dalam antisipasi dan siaga terhadap bencana tersebut.

"Pemkab Padang Pariaman sendiri hingga kini juga belum memiliki desain bangunan ramah gempa yang akan digunakan untuk proses rekonstruksi nantinya," tambahnya.

Ia menjelaskan, dari pembicaraan dengan perwakilan JICA yang datang ke Pariaman diketahui bahwa desain rumah dan bangunan ramah gempa yang ditawarkan kepada Padang Pariaman bentuknya seperti yang dibangun JICA di Aceh dan Yogyakarta.

Selain dari JICA, Pemkab Padang Pariaman juga telah menerima tawaran desain rumah ramah gempa dari beberapa pihak, tetapi mana yang akan dipakai untuk acuan rekonstruksi akan ditentukan dalam rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Gempa 7,9 SR diikuti tanah longsor di Padang Pariaman menyebabkan 70.833 unit rumah warga rusak berat dan roboh, rusak sedang (12.630), dan rusak ringan (4.442). Bencana itu juga menyebabkan 675 orang meninggal dunia, 527 orang luka berat, dan 528 lainnya luka ringan di Padang Pariaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com