Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Rektor UBH Meninggal Saat Gempa

Kompas.com - 04/10/2009, 16:22 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Mantan Rektor Universitas Bung Hatta Padang (UBH), Prof Dr Alfian Lain SE MA (70), meninggal saat gempa melanda Sumatera Barat (Sumbar).

"Beliau mungkin shock dengan peristiwa gempa itu," kata Yulteknil, salah seorang kerabat Alfian, di Padang, Minggu (4/10).

Ia mengungkapkan, pada saat gempa, almarhum sedang berada di rumahnya, di kawasan Sawahan Padang. Sebelum peristiwa gempa, almarhum sudah lama sakit. "Beliau sakit gula dan jantung," kata Yulteknil yang juga Ketua DPRD Sumbar itu.

Alfian Lains lahir pada 26 Mei 1939. Sebelum menjadi rektor UBH, Guru Besar Ekonomi Universitas Andalas itu pernah menjabat sebagai Koordinator Kopertis Wilayah X, dan Dekan Fakultas Ekonomi Unand.

Data Satkorlak mencatat gempa yang melanda Sumatera Barat itu hingga Minggu menyebabkan 603 orang korban tewas.

Ratusan warga Padang dan Padang Pariaman hingga Minggu masih terperangkap di bawah puing-puing reruntuhan bangunan dan longsoran.

Korban terbanyak ditemukan di Kota Padang mencapai 239 orang, sedangkan di Padang Pariaman ditemukan sebanyak 237 warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com