Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet Parah di Tanjakan Gentong

Kompas.com - 25/09/2009, 15:15 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Kemacetan parah menghadang para pemudik yang hendak balik ke Jakarta melalui jalur selatan Jawa Barat, Jumat (25/9). Dua titik macet terjadi di Tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, dan kawasan Ciawi, keduanya di Kabupaten Tasikmalaya.

Kemacetan di Tanjakan Gentong disebabkan tidak mampunya sebagian mobil dan sepeda motor melaju di tanjakan. Arus kendaraan terhenti karena sebagian mobil mogok. Sebagian pengendara sepeda motor juga terpaksa mendorong kendaraan mereka, dengan terlebih dahulu menurunkan pembonceng. Panjang kemacetan di daerah tanjakan itu mencapai 2 kilometer di dua arah yang berbeda.

Sekitar 10 kilometer di sebelah timur, kamacetan parah terjadi di daerah Ciawi. Penyebabnya, ada mobil mogok di lajur ke arah Gentong. Panjang kemacetan lebih dari tiga kilometer.

Pada hari Jumat, arus balik di jalur selatan Jawa Barat memang meningkat. Mobil dan sepeda motor memadari ruas Tasikmalaya-Ciawi-Malangbong-Tanjakan Gentong-Limbangan-Nagreg-Bandung.

Di Limbangan juga terjadi kemacetan, gara-gara bus "Budiman" berhenti di tempat istirahat di pul kedua sisi jalan. Arus kendaraana terhadang bus yang keluar masuk pul dan memotong jalan.

Pemudik yang melalui jalur selatan sebaiknya melalui jalur alternatif lewat Garut-Nagreg. Di kawasan Nagreg sendiri, Jumat siang, arus kendaraan masih mengalir lancar. (Agus Mulyadi/KOMPAS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com