Kompas.com - 18/06/2013, 19:21 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 12 tersangka Anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan yang direncanakan akan menjalani sidang kasus Cebongan pada Kamis (20/6/2013) di Pengadilan Militer II-11, dipindahkan dari Markas Denpom IV/5 Semarang ke Denpom 072/Pamungkas, Yogyakarta.

Dari Markas Denpom IV/5 Semarang menuju Markas Denpom IV/2 Yogyakarta, 12 tersangka anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan akan dikawal oleh polisi militer dengan sistem keamanan yang normatif.

"Kalau tidak besok pagi, ya siang sampai di Yogya," kata Komandan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta, Brigjen TNI AD Adi Widjaja, Selasa (18/6/2013).

Dia mengaku, tidak mungkin membawa 12 tersangka anggota Kopassus ke Yogyakarta pada malam hari, sebab keselamatan tersangka juga menjadi prioritas.

Sesampainya di Yogyakarta,  ke 12 tersangka akan ditempatkan di Denpom IV/2. Di sana, lanjut Adi, terdapat empat ruang tahanan dalam kondisi kosong. Sebab tahanan sebelumnya sudah dipindahkan ke Lapas Militer Cimahi dan Surabaya. "Kapasitasnya bisa digunakan tiga sampai empat orang tahanan, jadi nantinya seluruh tersangka tidak ditempatkan dalam satu ruangan tahanan," tandasnya.

Sebanyak 12 tersangka Anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan dijadwalkan mengikuti sidang perdana di Pengadilan Militer Yogyakarta atas dakwaan pembunuhan empat tahanan titipan Polda DIY di Lapas Klas IIB Cebongan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.