Kompas.com - 14/06/2013, 12:58 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim Reskoba Polda Jatim menggerebek sebuah rumah di kompleks Perumahan Puri Indah Blok DE 11, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (13/6/2013). Rumah itu digerebek karena digunakan sebagai tempat memproduksi sabu-sabu.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, sempat terjadi ketegangan dan adu fisik antara pemilik rumah dan beberapa polisi berpakaian preman. Namun akhirnya pelaku dapat dilumpuhkan setelah polisi mengeluarkan tembakan peringatan. Ketiga penghuni rumah yang kini diamankan adalah, EF alias Alung (38), KF (38) dan AI (24). Ketiganya merupakan warga Sidoarjo.

Direktur Narkoba Polda Jatim, Kombes Pol Andi Loedianto dikonfirmasi membenarkan penggerebekan itu. Kata Andi, saat ini ketiga tersangka berikut barang bukti berupa 25 gram sabu-sabu yang baru diproduksi, bahan baku, dan sejumlah peralatan seperti bong, pipet, kompor gas, kompor listrik serta bungkus sabu diamankan di Polda Jatim.

"Kami masih melakukan pemeriksaan intensif dan pengembangan informasi jaringannya," kata Andi, yang ditemui usai acara serah terima jabaan Kapolda Jatim, Jumat (14/6/2013).

Industri rumahan itu diperkirakan beroperasi selama dua tahun terakhir dengan omzet per tahun mencapai hampir Rp 29 miliar. Kualitas produksi sabu-sabu buatan ketiga tersangka ini cukup bagus dan diperkirakan kualitas nomor 1. Sementara wilayah edarnya menjangkau Kalimantan, Makassar, Papua, NTT hingga Manado.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.