Heryawan Resmi Dilantik sebagai Gubernur Jabar - Kompas.com

Heryawan Resmi Dilantik sebagai Gubernur Jabar

Kompas.com - 13/06/2013, 14:03 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/6/2013).

Pelantikan dihadiri ribuan orang. Terlihat hadir, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, serta Menteri Pertanian Suswono. Juga ada sejumlah gubernur provinsi lain, empat pasangan calon gubernur Jabar sebelumnya, tokoh politik dari berbagai partai, KPU, Panwaslu, para artis, hingga berbagai lapisan masyarakat di Jawa Barat (Jabar).

Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanagara membuka acara rapat paripurna ini. "Rapat Paripurna DPRD pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat masa jabatan 2013-2018 resmi dibuka," kata Irfan sambil mengetuk palu menandakan peresmian pembukaan acara pelantikan.

Dalam sambutannya, Irfan mengatakan, pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 61/P 2013 tanggal 21 Mei 2013 di Jakarta, menimbang, menetapkan, memutuskan untuk melantik Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat periode 2013-2018; dan memberhentikan dengan hormat Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 Dede Yusuf Macan Efendi.

"Kami menitipkan harapan besar kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, untuk membawa Jawa Barat lebih baik lagi dalam lima tahun mendatang. Kami yakin dengan dilantiknya gubernur dan wakil gubernur Jabar yang baru, Jabar akan lebih baik lagi," kata Irfan.

Irfan mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Jawa Barat sebelumnya, Dede Yusuf Macan Efendi, yang mulai hari ini resmi diberhentikan sebagai Wakil Gubernur periode 2008-2013.

"Kepada Dede Yusuf, kami ucapkan terima kasih selama memangku jabatan wakil gubernur. Dede Yusuf telah memberikan dedikasi yang sangat tinggi terhadap pembangunan Jabar selama lima tahun ke belakang. Dede Yusuf akan selalu dikenang masyarakat Jabar. Harapan kami, bakti tidak berakhir sampai di sini. Kami harapkan sumbangsih untuk kemajuan Jabar di masa yang akan datang," kata Irfan.

Irfan kemudian menyerahkan acara pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. "Ini sumpah dan janji kepada Tuhan yang Maha Esa," kata Gamawan membuka awal pelantikan.

"Saya Menteri Dalam Negeri dengan resmi melantik gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2013-2018," kata Gamawan.

Gamawan membacakan sumpah untuk kemudian diikuti Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar di atas Al Quran. Setelah pembacaan sumpah, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar mendapat penyematan pin berlogo Garuda di baju seragam putihnya sebagai tanda penyerahan jabatan. Kemudian keduanya menerima SK Presiden dan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas.


EditorGlori K. Wadrianto

Terkini Lainnya


Close Ads X