Kompas.com - 12/06/2013, 13:33 WIB
EditorKistyarini

PEMALANG, KOMPAS.com — Sejumlah relawan menghentikan upaya pencarian pesawat yang diduga jatuh di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, akibat kabut tebal. Kabut juga memaksa pencarian dilakukan dengan berjalan kaki.

Hal itu diungkapkan Komandan Koramil 13 Pulosari Kapten Inf Heri Purnomo pada Tribun Jateng di sela-sela pencarian di Bukit Pesamoan, Desa Gombong, Kecamatan Belik, Rabu (12/6/2013) pukul 12.00.

Menurut dia, kabut yang tebal menutup pandangan mata. Kabut juga tidak memungkinkan pencarian menggunakan helikopter. "Namun, kami tetap mencari dan mencari," kata Heri.

Heri menjelaskan, berdasarkan informasi, titik lokasi jatuh pesawat diperkirakan berada di balik Bukit Pesamoan yang memiliki ketinggian 1.500 dpl. "Ini perbatasan antara Desa Gombong, Kecamatan Belik, dan Desa Siremeng, Kecamatan Pulosari."

Menurut Heri, berdasarkan informasi yang didapatnya, pesawat yang jatuh adalah pesawat latih. Namun, dia tidak mengetahui jenis pesawatnya.

Sampai saat ini kabar tentang jatuhnya pesawat di Pemalang masih simpang siur. Tim SAR yang dibantu warga mencari di lokasi yang diduga menjadi tempat jatuhnya pesawat pada Rabu (12/6/2013) sejak pukul 06.00.

Danramil 13 Pulosari Kapten Inf Heri Purnomo mengatakan belum ada kepastian tentang peristiwa itu. "Kepastian jatuh belum bisa kami pastikan. Sampai sekarang belum ada, tetapi kalau (ada pesawat) terbang rendah, iya," ujar Heri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Rukman Ahmad mengatakan, tidak ada helikopter dari TNI AD yang jatuh di Pemalang, Jawa Tengah. Menurut Rukman, insiden yang terakhir adalah masalah kerusakan pada helikopter TNI AD saat hendak mendarat di Lanud Ahmad Yani, Semarang, Selasa (11/6/2013) pagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.