Kompas.com - 12/06/2013, 12:50 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com - Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Rabu (12/6/2013) menjalani tes kesehatan sebagai salah satu syarat dalam pencalonan tersebut.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Gedung Graha Amerta, RSU dr Soetomo Surabaya. Keenam kandidat yang melakukan tes kesehatan hari ini adalah, Khofifah Indar Parawansah-Herman Suryadi Sumawiredja, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, dan pasangan jalur independen Eggi Sudjana-Muhammad Sihat.

Kesempatan pemeriksaan itu, kata komisioner KPU Jatim, Agus Mahfud Fauzi diberikan dua kali. "Selain 12-13 Juni, pemeriksaan juga dapat dilakukan pada 17-18 Juni nanti, para bacagub dapat menyesuaikan dengan kesibukannya," kata Agus.

Tes kesehatan meliputi pemeriksaan terhadap seluruh sistem organ tubuh dari telinga-hidung-tenggorokan, saraf, radiologi, mata dan organ dalam lainnya.

Tanggal 23 Juni nanti, KPU Jatim akan terima hasil pemeriksaan kesehatan secara tertulis maupun lisan dari tim kesehatan. Hasil tes kesehatan menjadi salah satu aspek penting persyaratan cagub-cawagub Jatim.

"Meski semua syarat administrasi terpenuhi, jika hasil tes kesehatan tidak memenuhi syarat, maka pasangan bacagub dipastikan akan dicoret," katanya.

Pada waktu pemeriksaan hari ini, pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf tidak datang. Dipastikan keduanya akan melakukan tes kesehatan pada 17-18 Juni mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.