Kompas.com - 11/06/2013, 11:07 WIB
|
EditorKistyarini

AMBON, KOMPAS.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) diwarnai sejumlah aksi kecurangan. Dilaporkan semua surat suara di 40 lebih kotak suara telah dicoblos sebelum hari pemungutan suara yang dilakukan pada Selasa (11/6/2013).

Informasi yang dihimpun Kompas.com dari Malra menyebutkan, surat suara yang terdapat dalam puluhan kotak suara tersebut telah dicoblos untuk memenangkan satu pasangan calon tertentu. Pencoblosan itu dilakukan sehari sebelum hari H dan terjadi di Kecamatan Kei Kecil Bagian Timur dan Kei Kecil Bagian Barat. "Saat ini pencoblosan sementara ditunda, setelah ada kesepakatan antara KPU Malra dan para kandidat," kata Idris Rahayaan, seorang warga setempat.

Ketua KPU Maluku, Idrus Tatuhey,  membenarkan jika sebanyak 40 lebih kotak suara telah dicoblos satu hari sebelum hari H pencoblosan. "Saya mendapatkan laporan dari Ketua KPU Malra, ada 40 lebih kotak suara yang surat suaranya telah dicoblos," kata Tatuhey kepada Kompas.com, Selasa siang.

Idrus menambahkan, meskipun terjadi peristiwa itu, tidak akan ada penundaan pemungutan suara di Pilkada Maluku Tenggara. Menurutnya, pihaknya telah mengintruksikan kepada KPU setempat untuk mengamankan semua kotak suara yang bermasalah untuk dibuat berita acaranya.

"Pilkada di Malra tetap berjalan, tidak ada penundaan. Kalau ditunda itu melanggar undang-undang. Saya sudah perintahkan agar seluruh kotak suara yang bermasalah, diamankan dan di buat berita acaranya," tegas Tatuhey.

Sementara itu, informasi yang dihimpun Kompas.com dari Malra menyebutkan akibat kecurangan tersebut, pemilihan Bupati dan wakil Bupati Malra untuk sementara ditunda, setelah ada keputusan bersama oleh KPU Malra dan para pasangan calon serta tim sukses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.