Polres Kolaka Bekuk Empat Pemuda Spesialis Pencuri Kambing

Kompas.com - 08/06/2013, 23:58 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KOLAKA,KOMPAS.com - Desman, Harianto, Alfian dan Reski, yang diperkirakan berusia 20-an ditangkap  tim buser Polres Kolaka, Sulawesi Tenggara, saat sedang berada dirumah makan, Sabtu (8/6/2013).

Keempat pemuda itu ditangkap setelah menjadi DPO pencurian hewan ternak kambing di sejumlah tempat di Kolaka.

Mereka ditangkap setelah menjalankan aksinya di desa Towua I, Kecamatan Wundulako.Menurut Kasatreskrim Polres Kolaka, Ajun Komisaris Polisi Agung Basuki komplotan ini bekerja berdasarkan pesanan.

Saat menjalankan aksinya mereka menggunakan sebuah mobil Avanza untuk mengangkut kambing hasil curiannya.

"Jadi mereka ini ditangkap setelah ada laporan dari masyarakat sekitar terkait sebuah mobil Avanza yang mengangkut dua ekor kambing. Sebelumnya mereka ini memang menjadi daftar pencarian orang," papar Agung.

"Gerak-gerik mereka itu mencurigakan. Jadi mereka disergap saat makan nasi kuning di sebuah rumah makan di Kolaka. Mereka ini bekerja berdasarkan pesanan," tambah ucap Agung.

Sebagai barang bukti, polisi mengamankan dua ekor kambing dari tangan keempat pemuda itu.

"Kita kembangkan sampai dengan pemesan hewan ternak tersebut. Karena pengakuan para tersangka ini, kambing yang dicuri sudah ada pemesannya," kata Agung.

Kepada polisi keempat pemuda itu mengaku mereka bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah setiap kali usai beraksi.

"Biasanya satu ekor kambing curian mereka jual hingga satu juta rupiah. Cara kerjanya cukup rapi, sebab sebelum beraksi lokasinya terlebih dahulu mereka survei, setelah kondisi memungkinkan barulahmereka beraksi," papar Agung.

Keempat tersangka sejauh ini masih menjalani pemeriksaan namun belum mau menjelaskan kabar yang beredar tentang keterlibatan oknum TNI di belakang mereka. (K67-12).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.