Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Kelimutu Ditutup

Kompas.com - 07/06/2013, 03:13 WIB

Ende, Kompas - Aktivitas Gunung Api Kelimutu di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, meningkat. Kegiatan pendakian dan kunjungan wisatawan ke Danau Triwarna Kelimutu untuk sementara ditutup.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan peningkatan status itu dari Aktif Normal ke Waspada, Selasa (4/6) pukul 14.00 Wita. PVMBG merekomendasikan pula agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 2 kilometer dari puncak kawah.

”Kami baru menerima informasi peningkatan status itu malam hari (Rabu). Saya telah menginstruksikan kepada kepala seksi dan kepala resor wisata untuk menutup sementara kegiatan pendakian ataupun kunjungan wisatawan ke Danau Kelimutu,” kata Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Sri Mulyani, Rabu, di Ende.

Pihak Balai Taman Nasional Kelimutu juga meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat melalui RRI. Informasi itu juga diteruskan kepada Sekretaris Daerah Ende, Kepolisian Resor Ende, dan Komandan Kodim 1602/Ende.

Papandayan menurun

Sementara itu, PVMBG menurunkan status Gunung Papandayan dari Siaga menjadi Waspada pada Rabu (5/6) pukul 16.00. Akan tetapi, masyarakat dan wisatawan masih diminta tidak mendekati kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah gunung.

”Potensi bahaya seperti gas beracun, longsor di sekitar kawah, dan penumpukan material lahar hujan masih bisa terjadi,” kata Kepala PVMBG Surono.(SEM/CHE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com