Kompas.com - 06/06/2013, 22:11 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Asisten Administrasi dan Umum Rizal AP Saragih dan beberapa tokoh masyarakat Kabupaten Simalungun menyerahkan kelengkapan berkas pemekaran Kabupaten Simalungun ke Komisi II DPR RI, Rabu, (5/6/2013).

Dalam penyampaian berkas kelengkapan Pemekaran Kabupaten Simalungun tersebut, rombongan Pemkab Simalungun dan tokoh masyarakat juga didampingi anggota DPR Komisi VI asal Simalungun, Jonni Buyung Saragih.

"Berkas pemekaran Kabupaten Simalungun kita sampaikan ke Komisi II DPR RI bersama beberapa tokoh masyarakat, sambil menunggu terbitnya persetujuan Gubernur dan DPRD Sumut yang saat ini sedang diproses. Seluruh berkas pemekaran sudah kita lengkapi sesuai dengan PP No 78 tahun 2007 tentang tata cara pembentukan daerah," kata Rizal.

Dalam kesempatan itu, anggota DPR RI Jonni Buyung Saragih menyampaikan, apresiasi yang tinggi atas komitmen Bupati Simalungun JR Saragih yang sungguh-sungguh melengkapi berkas pemekaran. "Bahkan beliau turut menjembatani komunikasi dengan Komisi II DPRRI, yang khusus nantinya membahas pemekaran daerah," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Jonni, seluruh aspek pemekaran Kabupaten Simalungun sudah sangat layak untuk dimekarkan dalam rangka percepatan pembangunan. "Tahun ini juga pemekaran diharapkan sudah terealisasi," tandasnya.

Nadya, Staf Komisi II DPR RI ketika menerima berkas mengatakan, berkas Pemekaran Kabupaten Simalungun sebenarnya sudah lama disampaikan. Namun katanya, sejumlah berkas belum dilengkapi sebagaimana mestinya,karena adanya perubahan peraturan. Selain itu juga belum ada disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Saat ini para anggota Komisi II DPR RI sedang berkunjung ke daerah, namun dalam waktu dekat dipastikan akan dibahas di tingkat internal untuk diproses, diverifikasi dan dimutahirkan sebagai bahan dalam pengajuan hak inisiatif DPR RI, untuk pengajuan pembahasan pemekaran daerah," kata Nadya sembari mengharapkan agar Pemkab Simalungun tetap berkoordinasi dengan Kementrian Dalam Negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.