Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Noerdin: Tim Sukses Jangan Tebar Fitnah

Kompas.com - 06/06/2013, 08:52 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kamis (6/6/2013) ini, warga Sumatera Selatan akan memilih di Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2013-2018. Calon petahan Alex Noerdin mengingatkan seluruh tim sukses pasangan calon agar tidak menyebarkan fitnah di masyarakat.

"Tim sukses jangan sampai menyebarkan fitnah, karena hal itu bisa saja akan meresahkan masyarakat," kata Alex kepada wartawan di Palembang, Rabu (5/6/2013) malam.

Menurut mantan cagub DKI Jakarta itu, memberikan dukungan tetap harus rasional, bukan dengan menyebarkan isu yang dapat meresahkan masyarakat. Dia menginginkan agar ada pertarungan yang elegan, dan tidak melupakan etika serta ajaran agama.

Menurutnya, tindakan memfitnah merupakan perbuatan yang tidak terpuji, sehingga harus dicegah serta tidak perlu ditanggapi secara berlebihan. Begitupula bagi warga setempat, kata dia lagi, diharapkan tetap tenang dalam menyikapinya serta tidak mudah terpancing bila ada isu yang belum tentu kebenarannya.

Alex juga berharap jangan memfitnah program pemerintah setempat yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dia menegaskan bahwa program sekolah dan berobat gratis yang telah dilaksanakan Pemprov Sumsel bukan untuk kepentingan gubernur, melainkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sumsel agar dapat hidup dengan cerdas dan sehat.

"Biarkan mereka-mereka itu melakukan fitnah yang bersifat pribadi, tapi jangan hina program sekolah dan berobat gratis itu," ujarnya.

Selanjutnya, ia menyerahkan penilaiannya kepada masyarakat mana pemimpin yang dewasa dan mencintai rakyatnya. Yang diharapkannya kini, suasana tetap kondusif dan masyarakat yang telah membaca fitnah tersebut tidak bertindak reaktif dengan melakukan perbuatan keliru yang sama.

"Sumsel harus menjadi daerah percontohan terlaksana pemilihan gubernur yang aman, tenteram, dan damai," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com