Cuaca Buruk, Nelayan di Pesisir Barat Tidak Melaut

Kompas.com - 31/05/2013, 19:34 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Ratusan nelayan di Pesisir Barat, Provinsi Lampung, tidak melaut akibat masih terjadinya angin kencang dan gelombang tinggi. Ketinggian gelombang ini bahkan mencapai empat meter.            

Kamaruzzaman, Ketua Kelompok Nelayan Pesisir Bersatu di Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Jumat (31/5/2013) mengatakan, sekitar 400 orang nelayan tradisional di wilayahnya tidak melaut selama setengah bulan terakhir. Padahal, di tahun-tahun sebelumnya, pertengahan Mei adalah dimulainya musim mencari ikan.            

"Gelombang tinggi ini bisa mencapai 4 meter. Dalam kondisi ini, kami nelayan tradisional tidak berani melaut. Kami memilih di rumah dulu sementara ini. Kapal pukat saja banyak yang menepi dengan cuaca seperti sekarang ini," tutur Kamaruzzaman.            

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lampung Barat Okmal mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dan angin kencang yang akan terjadi hingga akhir Mei atau awal Juni.


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorFarid Assifa
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X