Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Medis Disiagakan untuk Evakuasi Ketua DPRD Solok

Kompas.com - 30/05/2013, 16:24 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Tim medis disiapkan untuk mengevakuasi 21 anggota rombongan napak tilas Syafri Dt Siri Marajo, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang ditemukan di kawasan Bukit Kumayang, Balimbing, Kecamatan Kuranji.

"Tim medis disiagakan untuk penjemputan rombongan napak tilas Ketua DPDR Kabupaten Solok yang ditemukan tersebut," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Ade Edward, di Padang, Kamis (30/5/2013).

Ade Edward mengatakan, rombongan Ketua DPRD Kabupaten Solok tersebut ditemukan pada Rabu (29/5/2013) sore di kawasan Bukit Kumayang, Balimbing, Kecamatan Kuranji. Mereka dalam kondisi selamat.

"Evakuasi dilakukan pada Kamis pagi hari mengingat kondisi fisik dan juga medan yang berat, agar penyelamatan dapat berjalan lancar," ujar dia.

Rombongan napak tilas DPRD tersebut dievakuasi Tim SAR Gabungan ke Kota Padang, tambah Ade Edwar, mereka yang ditemukan rata-rata kekurangan bahan makanan.

"Namun hanya enam orang yang mengalami kelelahan berat, sementara 15 orang lagi masih bisa berjalan," jelas dia.

Dia mengatakan, Tim SAR gabungan sekarang masih berada di kawasan hutan Bukit Kumayan diperkirakan Kamis (30/5) siang hari sampai ke Posko.

"Jalur evakuasi yang cukup jauh melewati bukit yang terjal, tim SAR gabung perlu kerja hati-hati untuk membawa rombongan Ketua DPRD Kabupaten Solok ke posko yang ada di Padang," kata dia.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan dari peserta napak tilas, rombongan berangkat dari dari Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu (25/5/2013) pagi berjumlah 40 orang.

"Kita tidak tahu apa maksud dari rombongan tersebut untuk melakukan napak tilas dari Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu pagi itu," ungkap dia.

Sementara itu Kepala Markas PMI Daerah Sumatera Barat Hidayat Irwan, mengatakan PMI menurunkan sebanyak 20 tenaga relawan termasuk tenaga medis untuk ikut evakuasi rombongan napak tilas Ketua DPRD Kabupaten Solok.

"Relawan PMI tersebut ada berasal dari Kota Padang, Kabupaten Solok, serta Kota Solok,"kata dia.

Dia menambahkan, PMI selain menurunkan puluhan tenaga relawan dan medis juga menyiagakan tiga unit mobil ambulance di Posko Kota Padang.

"PMI mendapatkan informasi rombongan napak tilas ditemukan tersebut dalam keadaan sakit, serta kelelahan. Mereka sudah kehabisan bahan makanan,"ungkap dia.

Berdasarkan data yang dihimpun Antara di posko pencarian di kawasan Lalang Pasa Lalang, Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang rombongan berhasil ditemukan pada Rabu (29/5) sore yakni Ketua DPRD Kabupaten Solok Syafri Dt Siri Marajo, Ajudan Ketua DPRD Pen, Dedi, Jul, Aseng, Dasril, Wen, Basri, Syafri Pono Intan, Anton, Peri, Raf, Andi, Andika, Dika, Poiri, Af Poni Marajo, Ed Kasiak, Ed Gondo sutan, dan Rodis.

Sebelumnya Tim SAR berhasil menemukan 19 orang rombongan Ketua DPRD Kabupaten Solok pada Selasa (28/5) sekitar pukul 10.30 WIB tiba di posko pencarian di kawasan Lalang Pasa Lalang, Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang pukul 12.00 WIB.

Rombongan napak tilas DPRD Kabupaten Solok tersebut terdiri dari 40 orang. Rombongan napak tilas berangkat menyusuri Jorong Ujungladang, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok tembus ke Pasar Lalang Belimbing, Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com