Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Ini Diamankan karena Menabung Uang Mainan

Kompas.com - 29/05/2013, 22:42 WIB

SIANTAR, KOMPAS.com - Sat Reskrim Polresta Siantar mengamankan M boru Sinaga saat ingin menabung di kantor Pos yang berada di Jalan Sutomo, Kecamatan Siantar Barat.

M boru Sinaga, warga Desa Janggar Leto, Kecamatan Panei Tonga Simalungun diamankan setelah ia dilaporkan pegawai PT POS Indonesia karena memberi uang mainan pecahan Rp 100.000 sebanyak 6 lembar untuk disimpan di kantor Pos. Hal ini dikatakan Kasat Reskrim Polresta Siantar AKP Daniel Marunduri, Rabu (29/5/2013).

Daniel menceritakan, peristiwa berawal ketika M boru Sinaga mendatangi kantor Pos sekitar pukul 09.00 WIB. Perempuan yang berusia 70 tahun ini berniat untuk menabung. Sesampainya di kantor Pos dan di salah satu loket pelayanan ia langsung menyerahkan 6 lembar uang kertas mainan pecahan Rp100.000 kepada salah satu pegawai.

Melihat uang yang diserahkan, lanjut Daniel, pegawai kantor Pos langsung curiga dan menyangka uang tersebut palsu.

"Karena curiga, pegawai pos memanggil anggota polisi yang kebetulan makan di kantin kantor Pos," kata AKP Daniel di Mapolres Pematangsiantar di Jalan Sudirman.

Setelah mendapat informasi tersebut, polisi membawa tersangka ke Polresta Siantar untuk dimintai keterangan. Dari tangan tersangka pihak kepolisian menyita 6 lembar uang mainan bertuliskan "spesimen". Setelah dimintai keterangan serta informasi dari keluarga, ternyata M boru Sinaga menderita penyakit pikun dan depresi. Polisi akhirnya menyerahkan nenek 12 cucu tersebut kepada keluarga.

Sementara 6 lembar uang mainan disita polisi dan kemudian dimusnahkan. "Selain karena sakit dan pikun, kita tidak menemukan unsur pidana pemalsuan dan peredaran uang. Jadi ibu M boru Sinaga kita serahkan kepada keluarganya," kata Daniel.

Terpisah, Juliana boru Simbolon anak dari M boru Sinaga menyatakan ibunya sudah lama menderita depresi. "Saya mengetahui ini dari teman saya yang kebetulan berada di kantor Pos juga. Mengetahui hal itu, makanya saya langsung ke kantor Pos dan pihak kantor Pos mengatakan kalau ibu saya berada di Polres Siantar," katanya saat dijumpai di Mapolresta Siantar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com