Kompas.com - 27/05/2013, 14:44 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Sudah hampir satu bulan bas merek Ibanez milik Gubernur DKI Joko Widodo, pemberian basist band Metallica, Robert Trujillo, ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bagaimana nasib bas itu selanjutnya?

"Sekarang masih dalam proses pengkajian," ujar Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto kepada wartawan di Balaikota Jakarta, Senin (27/5/2013).

Bambang mengaku tidak melakukan pemantauan secara langsung terhadap proses pengkajian itu. Hal itu disebabkan proses pengkajian itu dilakukan oleh direktorat gratifikasi KPK. Bambang berjanji akan segera mengumumkan hasil pengkajian itu kepada publik.

"Biasanya, sih, cuma satu bulan dikasih waktu untuk pengkajiannya. Saya akan cek nanti, pasti teman-teman akan diberi tahu," ujarnya.

Jokowi mendapatkan sebuah bas merek Ibanez dari Trujillo yang dititipkan melalui seorang promotor bernama Jonathan Liu. KPK menilai, pemberian tersebut harus dilaporkan untuk mencegah gratifikasi. KPK wajib memverifikasi apakah ada konflik kepentingan dari pemberian bas tersebut.

Sesuai Pasal 16 Undang-Undang KPK dan Pasal 12B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, setiap pejabat atau penyelenggara negara tak boleh menerima hadiah terkait jabatan. Pejabat atau penyelenggara negara yang menerima hadiah tersebut harus melaporkan kepada KPK. Pada 6 Mei 2013, Jokowi menyerahkan bas tersebut ke KPK untuk diperiksa. KPK pun akan mengidentifikasi pemberian tersebut selama 30 hari hingga bisa diputuskan apakah bas itu bisa diserahkan kembali ke Jokowi atau disita negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.