Kompas.com - 24/05/2013, 08:21 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia meminta seluruh pihak menyikapi hasil ujian nasional (UN) SMA/SMK/MA yang secara resmi diumumkan hari ini, Jumat (24/5/2013). Asrorun Niam Sholeh, Ketua Divisi Sosialisasi KPAI, mengatakan, siswa yang lulus harus bersyukur dan mempersiapkan kelanjutan jenjang pendidikan tinggi, dengan memilih lembaga yang sesuai minat bakatnya. "Bagi yang tidak lulus, jangan larut dalam kesedihan," pinta Asrorun dalam keterangan pers.

Dia juga meminta siswa yang lulus ujian agar tidak melakukan corat coret baju, pesta pora, arak-arakan, vandalisme, dan berbagai tindakan tidak terpuji lainnya dalam mengekspresikan kelulusan UN. Pihak sekolah juga harus mencegah langkah tidak terpuji itu dengan melakukan langkah promotif, menyiapkan acara yang positif, seperti syukuran, bakti sosial, sumbangan buku dan pakaian layak pakai untuk anak yang membutuhkan, serta langkah preventif mencegah aksi corat coret dan tindakan destruktif lainnya.

Aparat pemerintah baik dinas pendidikan, dinas sosial, ketentraman dan ketertiban, dan penegak hukum harus mengantisipasi untuk mencegah terjadinya tindakan destruktif sebagai ekspresi kelulusan siswa.

Asrorun juga meminta media tidak memberikan porsi pemberitaan pada aksi corat-coret, arak-arakan, vandalisme, dan tindakan destruktif lain yang dilakukan sebagai perayaan kelulusan UN. Langkah ini mewujudkan tanggungjawab moral dalam mewujudkan perlindungan anak agar tidak ditiru oleh kawan sebayanya, serta oleh anak SMP dan SD nantinya. Sementara, ragam kegiatan positif sebagai ekspresi kelulusan UN penting untuk disiarkan sebagai cermin pemihakan dan tanggung jawab pada perlindungan anak secara substantif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.