Kompas.com - 22/05/2013, 15:30 WIB
|
EditorFarid Assifa

AMBON, KOMPAS.com - Ribuan warga di Ambon tumpah ruah di jalan dan sejumlah kawasan yang dilewati lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku saat mereka menggelar kampanye damai dengan berpawai mengelilingi Kota Ambon, Rabu (22/5/2013).

Kelima pasangan calon antara lain pasangan nomor urut 1 Abdullah Tuasikal-Hendrik Leweisa (Tulus) yang diusung partai Hanura, Gerindra, PBB, PBR, PKB dan PKPI; pasangan nomor urut 2 Jakobus Putileihalat - Arifin Tapi Oyihoe (Bob-Arif) yang diusung Partai Demokrat; pasangangan nomor urut 3 Abdullah Vanath-Martin Jhonas Maspaitella (Damai) yang diusung belasan partai nonparlemen; pasangan nomor urut 4 Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat), yang disung PDIP dan; pasangan nomor urut 5 Said Assagaf-Zeth Sahuburua (Setia) yang diusung Partai Golkar, PKS, PPP, PAN, Pelopor dan PDS.

Pawai dimulai setelah lima pasang calon gubernur dan wakil gubernur ini mendeklarasikan Pilkada damai di tribun lapangan Merdeka Ambon, Rabu (23/5/2013) siang. Bersama para pendukungnya masing-masing, lima pasang calon ini berkonvoi mengelilingi sejumlah kawasan di Kota Ambon dengan menggunakan puluhan mobil bergambar pasangan calon. Sejumlah mobil truk pendukung pasangan calon juga dilengkapi dengan peralatan sound system sehingga suasana semakin semarak.

Pantauan Kompas.com di lapangan, ribuan warga menyambut pawai pilkada damai ini dengan cara berkerumun di jalan-jalan dengan melambaikan tangan kepada lima pasang calon yang melintas di sejumlah jalan. Warga bahkan meneriaki pasangan calon idolanya saat melintas. Ada yang meneriaki "Hidup pasangan Tusus", "Hidup pasangan Damai" Setia satu putaran", "Mandat untuk Maluku" dan "Bob-Arif menang".

Hal yang sama juga terjadi di kawasan Batu Merah, Mardika dan sejumlah kawasan lain. Warga bahkan saling berdesakan di pinggir jalan untuk melihat para calon gubernur dan wakil gubernur dari jarak dekat. Pawai dimulai dari tribun lapangan Merdeka, para cagub dan cawagub beserta ribuan pendukung lainnya kemudian berkonvoi mengelilingi sejumlah jalan seperti Jalan Sudirman, Jalan AY Patty, Sultan Babullah dan sejumlah jalan lain.

Untuk mengamankan pawai damai tersebut, ratusan aparat TNI dan Polri disiagakan di berbagai titik yang dilewati para peserta pawai. Banyaknya peserta pawai damai yang ikut ambil bagian dalam kegiatan itu menyebabkan sejumlah jalan di Ambon macet total.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.