Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 KK Mengungsi Hindari Longsor di Garut

Kompas.com - 22/05/2013, 05:38 WIB

GARUT, KOMPAS.com — Sebanyak 13 kepala keluarga (KK) bertahan di pengungsian menghindari bahaya bencana longsor tanah tebing kawasan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (21/5/2013). Camat Cilawu, Lilis Neti, mengatakan, warga Kampung Cikuda, Desa Mekarsari, berjumlah 49 jiwa diminta untuk mengungsi karena rumahnya berada di sekitar bawah tebing.

"Longsor kemarin Senin (20/5/2013) yang terjadi berulang-ulang itu sangat membahayakan warga sehingga kami meminta warga untuk mengungsi, takut terjadi longsor susulan," kata Lilis. Menurut dia, tanah tebing berketinggian sekitar 75 meter dan panjang 300 meter rawan terjadi longsor susulan yang dikhawatirkan menimpa rumah warga.

Kecamatan, kata Lilis, telah menginstruksikan warga untuk tetap mengungsi dan melarang mendekati lokasi longsor hingga situasi dinyatakan aman dari bencana longsor. "Sekarang lokasi longsor dipasang garis polisi sebagai garis larangan masuk ke lokasi longsor karena berbahaya, apalagi sampai sekarang longsor kecil masih terjadi," katanya.

Sementara itu, rumah warga di kampung itu tampak kosong, sebagian besar perabotan dan barang berharga dalam rumah itu dibawa oleh para pemiliknya ke pengungsian. Warga mengungsi ke rumah sanak saudara, tetangga, dan menempati garasi mobil warga yang daerahnya aman dari ancaman bahaya longsor.

Kecamatan setempat telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menangani warga yang rumahnya terancam bencana longsor. "Kami sudah koordinasikan dengan beberapa dinas terkait dalam penanggulangan bencana longsor ini, mungkin rencananya rumah warga akan direlokasi," kata Lilis

Sebelumnya, bencana longsor itu selain mengancam 13 rumah warga, juga telah merusak areal persawahan, kolam ikan, dan kebun seluas lebih dari 1 hektar. Bencana longsor tanah tebing yang terjadi berulang kali itu tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi hanya kerugian materi yang dialami warga pemilik tanah yang tertimbun longsor itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com