Kompas.com - 18/05/2013, 15:18 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR.KOMPAS.com - Akademisi Universitas Udayana Prof I Nyoman Darma Putra mengusulkan nama jalan tol pertama di Bali yang akan segera rampung diberikan nama dengan nama seniman I Wayan Lotring (1898-1983).

Alasan mengabadikan nama Lotring sebagai nama jalan tol Benoa-Bandara-Nusa Dua itu, karena Lotring adalah mahaguru tari dan tabuh Bali yang berjasa dalam pengembangan seni budaya Bali.

"Lotring yang berasal dari Kuta, Badung, merupakan seniman besar Bali yang banyak mendidik seniman lokal dan seniman luar negeri," ujar Darma Putra di Denpasar, Sabtu (18/5/2013).

Salah satu maestro musik etnik asal Kanada, Collin McPhee, merupakan contoh seniman internasional yang belajar musik dari Lotring. "Bali adalah daerah wisata budaya dan penamaan jalan tol yang akan banyak dilalui turis sebagai Jalan Wayan Lotring akan menimbulkan rasa bangga atas pahlawan budaya Bali," jelas Darma Putra.

Tol yang menghubungan Benoa dengan Bandara Ngurah Rai dan Nusa Dua tersebut melintas di atas perairan dengan pemandangan sangat indah. Rencananya Jalan Di Atas Perairan (JDP) ini sudah bisa dilalui kendaraan akhir Juni mendatang.

Selain I Wayan Lotring, nama lain yang diusulkan untuk nama jalan tol Bali oleh sejumlah kalangan adalah Jalan Soekarno-Hatta, Jalan I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Patih Jelantik, atau I Gusti Nyoman Lempad (pelukis besar Bali abad ke-20), hingga Made Mangku Pastika, sebagai gubernur dan putra Bali yang berhasil membongkar kasus bom Bali 2002.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X