Kompas.com - 12/05/2013, 16:44 WIB
|
EditorHeru Margianto

KEDIRI, KOMPAS.com - Anak-anak Paini (46), seorang ibu di Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang tega membunuh Surani (29), anak kandungnya sendiri, dengan menggunakan racun ikan, meminta penegak hukum memperingan hukuman bagi ibu mereka. Alasannya, ibu mereka kerap mendapat perlakuan kasar dari Surani.

"Kami berharap kepada pak polisi agar nantinya memperingan hukuman ibu," kata Santi, anak ketiga dari tiga bersaudara anak Paini, Minggu (13/5/2013).

Sebab, anak bungsu Paini ini menambahkan, selama ini ibunya kerap menjadi korban perilaku kasar kakaknya itu. Tidak hanya memarahi, menurutnya, Surani juga sering memukul Paini, terutama saat keinginannya minta uang tak dipenuhi.

Upaya keluarga untuk mengingatkan sikap kasar Surani tak pernah berhasil. Beberapa kali keluarga berupaya meredam amarah Surani, namun kakaknya itu bergeming dan tetap keras kepala. Tak jarang anggota keluarga lainnya juga menjadi sasaran amarahnya.

"Dianya (Surani) kalau diingatkan sudah enggak peduli lagi," imbuh wanita yang tinggal di Tulungagung ini.

Santi mengaku tidak mengetahui pasti penyebab sikap temperamental kakaknya itu. Sifat itu, menurutnya, muncul usai melancong bekerja di luar kota selama dua tahun. Semasa kecil, Surani diasuh oleh kakek dan neneknya.

Sebelumnya diberitakan, Paini nekat mengakhiri hidup anaknya dengan cara meracun menggunakan racun jenis potas, Sabtu (12/5/2013). Racun yang biasa digunakan menuba ikan itu dicampurnya dengan kopi susu. Paini mengaku jengkel dengan sikap anaknya yang kerap bersikap kasar padanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini Paini sudah diamankan polisi. Saat kejadian, dirumah hanya ada pelaku dan korban. Mereka memang hanya tinggal berdua karena dua anak lainnya menetap di luar kota. Sedangkan suami Paini sudah meninggal dunia sekitar sepuluh tahun lalu.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X