Letusan Senjata Menyambut Kedatangan Tim Verifikasi

Kompas.com - 09/05/2013, 20:49 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

MESUJI, KOMPAS.com - Ketegangan terjadi dalam proses pendataan keluarga di Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Lampung.

Tim verifikasi yang datang ke Desa Sri Tanjung disambut dengan letusan senjata api rakitan .

Tim tersebut berjumlah 34 orang yang terdiri dari unsur Pemkab, TNI, Polri, dan ditambah 10 orang Perwakilan Desa setempat itu mengunjungi Desa Sri Tanjung untuk melakukan verifikasi, Rabu (8/5/2013).

Seperti disampaikan dalam siaran pers Pemkab Mesuji, Kamis (9/5/2013), Ketika tim mendata pada salah satu rumah warga di Dusun II tiba-tiba terdengar suara seperti  letusan senjata api sebanyak dua kali.

Salah seorang warga lainnya juga mengusir petugas yang sedang melakukan pendataan. Bahkan ada juga warga lainnya yang mengejar petugas dengan badik.

"Sempat terdengar dua kali letusan seperti senjata api, dan itu bukan dari  aparat polisi ataupun TNI yang menjadi anggota tim. Setelah itu salah seorang warga mengusir petugas, bahkan ada yang mengejar dengan badik. Terhadap kejadian itu, tim tidak bersikap reaktif untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan," ungkap Murni, sekretaris tim verifikasi.

Bupati Mesuji, Khamamik menyesalkan insiden itu.

Menurutnya, kegunaan pendataan tersebut adalah untuk berbagai keperluan masyarakat itu sendiri, baik yang berkenaan dengan administratif, program pembangunan, bantuan, maupun untuk keperluan penyelesaian persoalan lahan antara warga Sri Tanjung dengan PT. BSMI.

"Awalnya memang mereka tidak mau didata, namun kemudian mereka sendiri yang melayangkan surat ke Pemda yang menyatakan kesediaan untuk didata, makanya kita lakukan pendataan. Karena itu, saya sangat menyesalkan kejadian tersebut", ujar Khamamik.

Adapun tim verifikasi ini dibentuk dalam rangka penyelesaian konflik lahan sawit antara warga Sri Tanjung dengan PT BSMI yang sempat menewaskan warga dan isunya ramai diberitakan beberapa waktu lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X