Kompas.com - 09/05/2013, 13:57 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Terduga teroris Bayu alias Ucup yang tewas ditembak Densus 88 Antiteror Polri di Kebumen, Jawa Tengah, sempat memasang ranjau bom di pintu masuk rumah persembunyiannya. Perlawanan itu menjadi salah satu alasan penangkapan berlangsung lama.

"Saat olah TKP, ditemukan granat yang diatur sedemikian rupa dalam bentuk jebakan. Jika seseorang masuk, talinya tertarik, maka melukai orang yang menariknya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2013).

Menurut Boy, Bayu juga sempat melepaskan tembakan ke arah petugas. Baku tembak pun terjadi. Dalam pengepungan itu, Bayu bersikeras tidak mau menyerah hingga akhirnya tewas ditembak. Penyergapan di Kebumen berlangsung sejak Rabu (8/5/2013) sekitar pukul 20.00 hingga Kamis (9/5/2013) sekitar pukul 07.30.

Dari Kebumen, Densus 88 meringkus tujuh pelaku. Empat orang ditangkap dalam keadaan hidup, yakni Farel, Wagiono, Slamet, dan Budi. Adapun tiga lainnya tewas, yakni Bastari, Toni, dan Bayu alias Ucup. Barang bukti yang disita adalah tiga senjata api jenis revolver, 54 peluru, tiga bom pipa, satu granat manggis, empat motor, laptop, lima ponsel, dua HT, peta, dan denah sketsa target.

Sebelumnya, Densus 88 melakukan penangkapan di sejumlah lokasi sejak Selasa (7/5/2013). Lokasi tersebut antara lain Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Batang dan Kendal (Jawa Tengah), serta terakhir di Kebumen. Total terduga teroris yang diringkus sebanyak 20 orang, dan 7 orang di antaranya tewas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.