Nakhoda Norgas Cathinka Divonis Bebas

Kompas.com - 08/05/2013, 16:35 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

KALIANDA, KOMPAS.com - Serupa dengan nasib koleganya, nakhoda kapal tangker MT Norgas Cathinka, Lat Ernesto Jr. ikut dibebaskan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kalianda.

Dalam sidang putusan kasus tabrakan kapal antara MT Norgas Cathinka dan kapal roro KMP Bahuga Jaya, Rabu (8/5/2013) di PN Kalianda, Lat Ernesto yang berkebangsaan Filipina divonis bebas dari tuntutan hukum oleh majelis hakim yaitu Afit Rufiadi, Aryo Widiatmoko, dan Dicky Wahyudi.

Ernesto dijerat dengan tiga pasal secara alternatif yaitu Pasal 359 KUHP lalu Pasal 330 dan 332 Undang-Undang 17/2008 tentang Pelayaran.

Ia dituntut hukuman pidana 7 bulan oleh jaksa penuntut umum. Namun, dalam persidangan, terungkap bahwa hanya dua dari tiga pasal ini yang telah terpenuhi unsur-unsur pidananya, yaitu Pasal 330 dan 332 KUHP.

Ernesto, selaku nakhoda, dinyatakan bersalah tidak melakukan upaya penyebarluasan informasi secara baik terhadap otoritas terkait (syahbandar) menyusul tabrakan kapal di Selat Sunda, beberapa waktu lalu itu.

Ia juga tidak berupaya melakukan tindakan penyelamatan terhadap para penumpang dan korban Bahuga Jaya.

Namun, terdakwa memiliki alasan tidak melakukan hal itu. Yang pertama, dia tidak memahami keadaan KMP Bahuga saat tabrakan.

Terdakwa dan mualim I (Su Ji Bing) telah memanggil berkali-kali ke radio darurat Channel 16 VHF tapi tidak ada jawaban. Kedua, terjadi miskomunikasi.

Mualim I KMP Bahuga Jaya sempat berbincang dengan juru-juru mudi sejumlah kapal lain yang ketika itu melintas dalam bahasa Indonesia, sehingga tidak dipahami Ernesto.

Ketiga, Bahuga Jaya tidak mengeluarkan sinyal distrest (bahaya), sehingga terdakwa tidak mengetahui kondisi di sana.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X