Kompas.com - 08/05/2013, 15:15 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

TIMIKA, KOMPAS.com - Terbakarnya pesawat Nusantara Air Carter di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Rabu (8/5/2013) disebabkan meledaknya drum bahan bakar minyak yang jatuh ke aspal saat dipindahkan dari pesawat menggunakan forklift.

Penjelasan ini Kepala Bidang Humas, Kepolisian Daerah Papua, Kombes I Gede Sumerta, Rabu (8/5/2013). Ia mengatakan pesawat Nusantara Air Carter dengan no registrasi PK-JKC, jenis BAE 146-200QT Quiet Trader, terbakar sekitar pukul 11.35 WIT saat menurunkan muatan di Bandara Wamena.

"Pada saat pesawat parkir dan salah satu karyawan PT Walesi Air menurunkan BBM menggunakan forklift, ada satu drum yang jatuh dari forklift dan terbakar di aspal sehingga mengenai ekor dan badan pesawat. Belum ada laporan korban jiwa akibat kejadian ini," urai Gede Sumerta.

Menurut Sumerta, pesawat kargo dengan pilot Tatang Kurnia didampingi first officer, Mamat Kosim terbang dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, dengan muatan BBM dan barang campuran dengan berat total sembilan ton, empat kilogram.

Akibat kejadian ini, menurut Sumerta, Bandara Wamena ditutup sementara untuk penerbangan menunggu pemindahan bangkai pesawat. Berikut daftar muatan pesawat kargo Nusantara Air Carter yang terbakar di Bandara Wamena berdasarkan data dari Humas Polda Papua: 138 karung beras bulog ukuran 15 kilogram, 115 bimoli dan mizon, 35 karton deterjen, 117 espino, 50 karton air mineral, dan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak 21 drum.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X