Kompas.com - 02/05/2013, 22:22 WIB
|
EditorHeru Margianto

MAKASSAR, KOMPAS.com - Selain bentrokan fisik di depan kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo, unjuk rasa ricuh juga terjadi di Jl Adiyaksa, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/5/2013). Mahasiswa yang berdemonstrasi memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merusak sebuah mobil taksi dan membakar sebuah motor milik anggota polisi.

Kejadian bermula saat 15 mahasiswa lintas kampus berunjuk rasa dengan menutup separuh badan jalan di Jl Adiyaksa. Mereka mengenakan cadar hitam dan membakar ban bekas. Tuntutan unjuk rasa ini adalah mendesak pemerintah untuk membuat peraturan dan kebijakan di bidang pendidikan yang pro rakyat.

Sejumlah kendaraan yang menerobos memancing emosi pendemo. Mereka lalu menyerang satu unit Taksi Bosowa dengan nomor polisi DD 1904 OT yang dikemudikan Agus Ramadan. Taksi ditendang dan dipukuli dengan bambu, sehingga rusak pada bagian kap samping kanan.

Personel Polsekta Panakkukang yang tiba di lokasi lima belas menit hanya menemui sebagian peserta unjuk rasa. Sebagian kabur melarikan diri. Polisi mengamankan empat mahasiswi yang diduga bertanggungjawab atas perusakan taksi saat demonstrasi berlangsung.

Setelah keempat mahasiswi tersebut diamankan, sekelompok orang menggunakan penutup wajah kembali menggelar demonstrasi di tempat yang sama. Mereka bahkan membakar satu unit sepeda motor milik salah seorang anggota polisi, Brigadi Kepala (Bripka) Rais yang terparkir tak jauh dari lokasi saat kejadian.

Diduga, aksi dilakukan kelompok tertentu untuk menuntut rekannya yang ditangkap agar dibebaskan. Lagi, polisi mengamankan lima mahasiswa yang diuga terlibat membakar motor milik polisi.

Kepala Polsekta Panakkukang, Komisaris Polisi (Kompol) Agung Kanigoro yang dikonfirmasi di kantornya mengatakan, polisi masih memeriksa kesembilan mahasiswa yang ditangkap. Mereka belum ditetapkan sebagai tersangka. "Masih sebatas saksi," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X