Kompas.com - 30/04/2013, 16:22 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil investigasi yang telah diselesaikan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ternyata hanya menelaah masalah keterlambatan dan penundaan ujian nasional saja. Sementara untuk masalah yang bermuara dari proses tender, investigasinya masih berjalan. Dalam investigasi proses tender UN, Itjen berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi,  Badan Pemeriksa Keuangan, dan Bareskrim Polri.

Inspektur Jenderal Kemdikbud Haryono Umar mengatakan bahwa investigasi terkait proses tender pengadaan dan distribusi naskah soal UN yang diduga banyak penyelewengan ini masih berjalan. Sebab, sebelumnya pihak yang berkaitan dengan hal ini masih sibuk dengan pelaksanaan UN.

"Untuk investigasi tender masih berjalan. Kami masih terus menelusuri aduan dan mencari bukti," kata Haryono kepada Kompas.com, Selasa (30/4/2013).

"Sudah berkoordinasi dengan KPK, BPK dan Bareskrim. Karena surat tugasnya beda, jadi kami jalan sendiri. Tetapi tetap saling bertukar informasi," katanya.

Meski investigasi berjalan sendiri, setiap instansi tetap terus bertukar informasi agar dapat segera ditemukan kebenarannya.

"Yang pasti kami akan usut tuntas masalah tender pengadaan naskah soal UN ini. Agar tidak terulang lagi pada yang lain," katanya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.