Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2013, 15:33 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, rencana kenaikan harga BBM diperkirakan tidak akan melebihi harga Rp 6.500 per liter. Hal ini sesuai dengan permintaan masyarakat dan agar masyarakat tidak semakin terbebani.

"Ya kira-kira maksimalnya itu, mungkin di bawah itu (harganya). Kan masyarakat sudah mendengar kalau dinaikkan Rp 6.500 per liter sudah ok masyarakatnya, apalagi kalau di bawah harga itu, pasti ok-lah masyarakatnya," kata Jero saat ditemui seusai Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Hotel Bidakara, Selasa (30/4/2013).

Saat ini, Jero akan menunggu hasil keputusan pemerintah untuk jadi menaikkan harga BBM pada akhir Mei mendatang. Sebab, sekarang pemerintah akan berkonsentrasi untuk meminta persetujuan ke DPR soal kompensasi bagi masyarakat miskin dalam mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT).

Jero menambahkan, kebijakan terkait rencana menaikkan harga BBM bersubsidi ini berubah dari semula dua harga menjadi hanya satu harga. Jero menyadari bahwa implementasi BBM dua harga ini akan lebih sulit.

"Yang jelas, harganya satu saja karena kalau dua, harga susah, rakyatnya juga susah. Lebih repot. Lebih gampang satu harga, tapi proteksi kelompok masyarakat miskinnya," jelasnya.

Terkait waktu rencana kenaikan harganya, Jero belum bisa memastikan. Sebab, kebijakan ini akan dimintakan persetujuannya ke DPR. "Kan sekarang menunggu DPR reses. Kalau DPR cepat, bisa dibicarakan bersama-sama, sebab ini masalah bersama dan menjadi masalah negara ini," katanya.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Subsidi BBM untuk Orang Kaya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.