400 Personel TNI-Polri Disiagakan di Timika Jelang 1 Mei

Kompas.com - 29/04/2013, 22:33 WIB
|
EditorFarid Assifa

TIMIKA, KOMPAS.com - Aparat TNI-Polri se-Kabupaten Mimika menggelar apel siaga yang di gedung Eme Neme Yauware, Senin (29/4/2013) sore untuk mengantisipasi kerawanan menjelang 1 Mei. Namun 1 Mei di Papu rupanya bukan peringatan hari Buruh Internasional, tetapi hari bergabungnya Papu ke Indonesia.

Apel siaga yang dipimpin Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP Jermias Rontini diikuti personel dari Polres Mimika, Brimob Detasemen B Polda Papua, Kodim 1710 Mimika, dan Kesatuan TNI angkatan Darat, Laut dan Udara, serta petugas Pemadam Kebakaran Mimika dan Basarnas Mimika.

Seusai melaksanakan apel siaga, semua kesatuan TNI-Polri dengan menggunakan truk ditambah 2 Panser dari Denkav 3 melakukan pawai melalui jalan-jalan utama mengelilingi Kota Timika.

Kapolres Mimika AKBP Jermias Rontini menjelaskan, untuk pengamanan jelang 1 Mei, sebanyak 300-an personel Polri dibantu 100 personel gabungan TNI akan disiagakan mengantisipasi kemungkinan kerawanan yang timbul. Lebih lanjut, menurut Rontini, personel ini nantinya akan disebar di 7 titik rawan di Kota Timika dan sekitarnya, selain melakukan razia dan patroli rutin.

Terkait banyaknya isu negatif jelang 1 Mei, Rontini meminta warga Kota Timika untuk tidak terprovokasi dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa.

"Mari masyarakat saya ajak untuk berpikir dewasa, apa manfaat yang kita lakukan di luar satu Mei, ya anggaplah sebagai hari biasa. Tapi jika menganggap sebagai hari bersejarah ambil dari sisi positif. Saya minta masyarakat tidak terprovokasi isu-isu dan tetap beraktivitas seperti biasa," jelasnya.

Tanggal 1 Mei yang diperingati sebagai hari bergabungnya Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun oleh sebagian orang di Papua justru menganggap sebagai hari Aneksasi (pengambilan paksa wilayah) Papua oleh Pemerintah Republik Indonesia. Tak heran setiap kali menjelang 1 Mei, dilakukan pengamanan khusus mengantisipasi gangguan keamanan dan pengibaran bendera Bintang Kejora.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.