Kompas.com - 29/04/2013, 18:40 WIB
Penulis Frans Sarong
|
EditorMarcus Suprihadi

KUPANG, KOMPAS.com- Pasangan Frans Lebu Raya-Benny Litelnoni (Frenly) dan pasangan Esthon L Foenay-Paul L Talo (Esthon-Paul) akhirnya dipastikan bertarung dalam pilkada NTT putaran kedua, yang dijadwalkan, Kamis (23/5/2013) mendatang.

Kepastian itu menyusul keputusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi atau MK di Jakarta, Senin (29/4/2013) petang. Dilaporkan, majelis hakim secara bulat menolak permohonan paket Ibrahim Agustinus Medah-Melkiades Lakalena atau Tunas terkait perkara sengketa pemilihan kepala daerah Nusa Tenggara Timur putaran pertama, 18 Maret lalu.

Dengan kata lain, MK mendukung keputusan pleno Komisi Pemilihan Umum NTT yang menetapkan pemenang pertama dan kedua, yakni pasangan Frenly dan Esthon-Paul yang berhak maju dalam pemilihan putaran kedua.

"MK menolak seluruh permohonan pasanangan Tunas," jelas Ali Antonius dari tim pengacara pasangan Esthon-Paul, sesaat setelah mengikuti pembacanaan keputusan majelis MK di Jakarta, Senin (29/4/2013) petang.

Keterangan yang sama disampaikan oleh Juru Bicara KPU NTT, Djidon de Haan. "Sudah, sudah... Keputusannya, MK mendukung keputusan pleno KPU NTT," jelasnya di Kupang, Senin menjelang malam.

Pilkada NTT putaran pertama diikuti lima pasangan calon. Berdasarkan perhitunga akhir KPU NTT, tidak ada pasangan calon yang berhasil meraih suara minimal 30 persen hingga pilkada berlangsung dua putaran. Paket Tunas menempati posisi ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.