Kompas.com - 23/04/2013, 17:17 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) akan meluncurkan sistem pelayanan pengaduan tindak kekerasan pada anak melalui pesan pendek atau SMS. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan kinerja Komnas PA dalam hal perlindungan anak dari ancaman kekerasan.

Sekretaris Jenderal Komnas PA Samsul Ridwan mengatakan, program tersebut merupakan kerja sama Komnas PA dengan perusahan milik Jusuf Kalla, yakni Kalla Group. Program tersebut akan diluncurkan pada Mei 2013.

"Ini mempermudah masyarakat mengadu kepada para pejuang hak anak-anak, baik di pusat maupun di daerah, dan mendapat respons yang cepat," ujarnya melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2013) siang.

Samsul mengatakan, selain mempercepat proses pengaduan tindak kekerasan pada anak, layanan SMS tersebut juga membantu memetaan kasus kekerasan anak dalam lingkup nasional. Dengan demikian, dapat pula menjadi penekan bagi pengambil kebijakan di wilayah-wilayah itu.

"Jika semua berjalan lancar, insya Allah kami akan melibatkan semua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) yang ada di tiap provinsi," ujarnya.

Meski demikian, Samsul belum dapat memberitahukan nomor layanan SMS tersebut. Komnas PA dan Kalla Grup masih melakukan pengembangan sistem itu agar dapat diakses dan dijalankan dengan mudah, baik bagi para aktivis anak ataupun pelapor.

Program itu merujuk pada tingginya jumlah laporan kekerasan terhadap anak pada 2012. Data yang masuk di Komnas PA, tercatat 21 juta anak Indonesia mengalami kekerasan. Sebanyak 50 persen atau sekitar 10 juta anak-anak menjadi korban kekerasan seksual. Jumlah laporan kasus serupa diprediksi meningkat tajam pada tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.