Kompas.com - 22/04/2013, 20:24 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MATARAM, KOMPAS.com— Komisi Pemilihan Umum Daerah Nusa Tenggara Barat berusaha melibatkan tokoh lintas agama bagi terselenggaranya Pemilukada damai di provinsi itu. Berkait dengan itu, kemarin (22/4/2013), KPUD NTB menandatangani nota kesepahaman dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB.

"Para tokoh agama diharapkan memberi informasi dan pencerdasan bagi masyarakat dalam memilih seorang pemimpin," kata Darmansyah, Ketua Divisi Sosialisasi dan Informasi KPUD NTB, Senin (22/4/2013) petang di Mataram.

Sedikitnya 500 orang tokoh lintas agama hadir dalam penandatanganan kerja sama itu. Para tokoh ini dinilai berperan penting di tengah masyarakat, baik tempat bertanya masalah-masalah sosial kemasyarakatan maupun soal politik.

Karena perannya itu, para tokoh agama diharapkan peran sertanya melakukan sosialiasi sekaligus kriteria pemimpin dan memberi pencerdasan bagi masyarakat, sebelum menentukan pilihannya dalam pemilukada NTB yang dijadwalkan berlangsung 13 Mei mendatang.

Bagi tokoh agama Islam sudah disiapkan tiga naskah khotbah Jumat berisi menjaga kerukunan, kriteria calon pemimpin yang dipilih, dan sejenisnya. "Diharapkan sosialisasi pemilukada bagi masyarakat di Pulau Lombok dan Sumbawa berjalan mulai pekan depan," ucap Darmansyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.