Kompas.com - 22/04/2013, 14:45 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com — PDI-P memastikan akan mengusung pasangan calon kandidat gubernur dan wakil gubernur Jatim pada Pilgub Jatim, Agustus mendatang. Sayangnya, partai berlambang kepala banteng ini belum bersedia menyebut siapa nama pasangan tersebut.

Ketua DPD PDI-P Jatim Sirmadji mengatakan, PDI-P memiliki modal politik cukup kuat di parlemen hasil Pemilu 2009 lalu sehingga tidak memerlukan koalisi dengan partai lain. ''Kami punya 17 kursi di DPRD Jatim. Jumlah itu lebih dari cukup untuk mengusung pasangan calon sendiri,'' kata Sirmadji usai mendaftarkan caleg PDI-P di kantor KPU Jatim, Senin (22/4/2013).

Sirmadji yakin, meskipun tidak berkoalisi dengan partai lain, massa partainya akan all out mendukung pasangan yang akan direkomendasi PDI-P. ''Mesin partai kita di daerah sudah jalan dan siap memenangkan Pilgub Jatim nanti,'' jelas Sirmadji.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menolak menyebut siapa saja nama pasangan calon tersebut. Yang jelas, kini sudah ada di DPP dan dalam waktu dekat segera akan disosialisasikan kepada masyarakat dan kader PDI-P di Jatim. Seperti diberitakan, PDI-P sepertinya memilih langkah politik dalam hal konsolidasi partai pada pilgub nanti dengan mengusung kadernya sendiri.

Langkah politik itu sepertinya untuk menyongsong target Pemilu 2014 nanti. Sejumlah nama kader terbaik telah digodok dan sudah melalui proses uji kelayakan, antara lain, Sirmadji sendiri, Wakil Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, anggota DPR RI komisi VIII Said Abdullah, Wali Kota Probolinggo Bukhori, dan mantan Sekjen PDI-P Pramono Anung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.