Kompas.com - 20/04/2013, 11:31 WIB
EditorFarid Assifa

BANGKA, KOMPAS.com - Uang yang didapatkan gelandangan dan pengemis (gepeng) di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka-Belitung (Babel), cukup fantastis. Dalam sehari, sedikitnya mereka dapat menghasilkan uang sebesar Rp 350.000 dari mengemis.

"Saya sempat berbicara dengan mereka, dalam sehari bisa mendapatkan uang setidaknya Rp 350.000. Alangkah enaknya mencari uang di Pangkalpinang," kata anggota Fraksi Demokrat DPRD Pangkalpinang Yahya Muhammad, Jumat (19/4/2013).

Kebanyakan dari mereka, lanjut Yahya, tidak bisa berbahasa Bangka. "Artinya, mereka bukan berasal dari Bangka-Belitung," ucap Yahya.

Yahya menyebut lokasi mangkal para gepeng tersebut seperti di Pasar Rumput, Pangkalbalam, dan beberapa pasar lain.

"Kami minta Dinas Sosial menertibkan. Tidak hanya itu, banyak juga yang meminta-minta dengan dalih untuk pembangunan masjid, yang kita tidak tahulah di mana tempatnya," tutur Yahya.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dissosnaker) Pangkalpinang Fitriansyah mengatakan, keberadaan gelandangan-pengemis (gepeng) kembali marak. Sampai April ini, sudah 20 gepeng yang terjaring. Menurut Fitriansyah, pihaknya sudah memulangkan sembilan gepeng.

"Sembilan orang kami pulangkan ke daerahnya. Tiga orang dirujuk ke panti rehabilitasi, dan sisanya dikembalikan ke keluarga," ujar Fitriansyah, Jumat.

Sifat warga Pangkalpinang yang mudah memberi, lanjutnya, membuat para gepeng betah. Saat petugas Dissosnaker melakukan patroli, para gepeng yang tertangkap punya tabungan Rp 5 juta dalam dua bulan.

"Kami lihat tabungannya mencapai Rp 5 juta. Dalam sehari mereka bisa menghasilkan hingga Rp 200 ribu," ucapnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.