Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Maluku Utara Imbau Jaga Keamanan Jelang Pilgub

Kompas.com - 17/04/2013, 18:57 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara Brigjen Pol Machfud Arifin mengimbau masyarakat Maluku Utara agar menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Gubernur Maluku Utara, 1 Juli 2013. Orang nomor satu di Kepolisian Dareah Malut ini juga berencana membangun komitmen dengan para calon Gubernur dan Wakil Gubernur tentang Kamtibmas selama Pilgub Malut.

Imbauan Kapolda Malut ini disampaikan saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pulau Morotai untuk persiapan pengamanan kunjungan Wakil Presiden RI Boediono di Morotai, dalam waktu dekat ini.

Machfud yang baru beberapa hari dilantik sebagai Kapolda Malut menggantikan Brigjen Pol Affan Richwanto ini menegaskan, pihaknya siap mengamankan Pilgub Malut.

"Keinginan kita ke depan soal pengamanan Pilkada, harapan saya semoga semua pihak dapat menjalin kerjasama yang baik untuk menciptakan situasi yang aman. Kawan-kawan wartawan mari ciptakan suasana yang kondusif dengan memberikan informasi-informasi yang sejuk," imbau Machfud Arifin, Rabu (17/4/2013).

"Nanti rencana kita akan bangun komitmen dengan para calon untuk sama-sama menjaga keamanan. Ini supaya para calon juga mengajak para pendukungnya agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan," lanjut Machfud.

Sementara itu, terkait pengamanan rencana kunjungan Wapres RI di Morotai, Machfud menyatakan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan TNI. Intinya Polri juga siap mengamankan kunjungan Wapres RI di Morotai nanti.

Sejauh ini, belum ada kepastian waktu Wapres RI berkunjung ke Morotai. Sedianya kabar beredar bahwa Boediono akan mengunjungi Morotai pada akhir bulan ini, sekitar 19 atau 20 April 2013. Namun belakangan informasi yang dihimpun Kompas.com menyebutkan rencana kunjungan Wapres RI di Morotai ditunda hingga Mei mendatang.

Wapres mengunjungi Morotai untuk meninjau kesiapan peningkatan infrastruktur di daerah Terluar Terpencil dan Tertinggal (3T). Sebab Kabupaten Pulau Morotai merupakan salah satu daerah yang masuk dalam kategori 3T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com