Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eggi Sudjana-Sihat Lolos Verifikasi Dukungan Tahap Awal

Kompas.com - 16/04/2013, 16:08 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernu dan Wakil Gubernur Jawa Timur dari jalur independen, Eggi Sudjana-Sihat dinyatakan lolos verifikasi tahap awal di KPU Jatim. Penetapan itu setelah KPU selesai melakukan proses verifikasi dukungan KTP sejak penyerahan Kamis (11/4/2013) lalu.

Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Najib Hamid mengatakan, jumlah dukungan KTP Eggi Sudjana-Sihat melebihi syarat minimal dari yang ditentukan.

''Eggi Sudjana-Sihat mengumpulkan 1.135.784 KTP. Sementara yang disyaratkan minimal 1.118.096 KTP. Jumlah itu tiga persen dari total penduduk Jatim,'' katanya, Selasa (16/4/2013).

Basis dukungan KTP Eggi Sudjana-Sihat juga memenuhi ketentuan yang disyaratkan, yakni 20 kabupaten/kota dari 38 kabupaten/kota di Jatim. Sebagian besar dukungan pasangan calon independen pertama di Jatim itu berasal dari sejumlah daerah seperti Sampang, Pasuruan, Probolinggo, dan Kota Surabaya.

Sesuai jadwal, mestinya proses sekaligus perbaikan di tingkat KPU Jatim tersebut selesai 11 April lalu, tapi karena jumlah KTP yang diverifikasi cukup banyak, ditambah penyerahannya dilakukan di hari terakhir pendaftaran, maka proses verifikasinya molor hingga Minggu (14/04/2013) malam.

KTP dukungan selanjutnya akan diverifikasi secara faktual oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kecamatan.

''Bila nanti ditemukan KTP yang tidak sah, maka pasangan calon harus mengganti dua kali lipat dari dukungan yang tidak sah tersebut,'' jelasnya.

Di jalur partai, nama kandidat calon yang pasti akan maju antara lain pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf yang didukung sebagian besar partai parlemen seperti Partai Demokrat, Golkar, Hanura, Gerindra, PPP, PAN dan PKS.

Selain itu, muncul nama Khofifah Indar Parawansah yang diusung PKB. Sementara PDI-P masih menggodok nama-nama cagubnya dari kader sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com