Kompas.com - 16/04/2013, 13:33 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SEMARANG, KOMPAS.com — Kepala Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kolonel (Inf) Widodo Raharjo mengatakan, pemeriksaan terhadap 11 anggota Komando Pasukan Khusus terduga pelaku penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta, masih terus dilakukan. Adapun pemeriksaan terhadap saksi dilakukan di Yogyakarta dan Semarang. 

"Masih dalam pemeriksaan, kan harus teliti. Saksi-saksi juga diperiksa," ujar Widodo saat dihubungi melalui telepon, Selasa (16/4/2013).

Selain petugas lapas, warga binaan lapas juga terdapat empat anggota Kopassus organik di Grup 2 Kandang Menjangan, Kartasura, yang diperiksa sebagai saksi. "Keseluruhan total yang diperiksa ada 57 orang, dari saksi-saksi termasuk 31 penghuni lapas dan terduga," ujar Widodo tanpa menyebut secara detail siapa saja empat anggota Kopassus tersebut.

Widodo mengatakan belum bisa menargetkan kapan pemeriksaan itu akan selesai. Terkait dengan proses persidangan, menurut rencana masih akan dilakukan di Oditur Militer II-11 Yogyakarta. "Nanti persidangan akan dilakukan terbuka dan transparan. Silakan siapa pun untuk mengikuti," ujar Widodo.

Seperti diberitakan, 11 terduga pelaku penyerangan Lapas Cebongan sudah diperiksa sejak Senin (8/4/2013) di Markas Polisi Militer Daerah Militer (Pomdam) IV/Diponegoro, Semarang. Para terduga pelaku diperiksa oleh 38 penyidik. Terdiri dari 3 perwira Puspom dan 35 orang dari Pomdam wilayah Denpom Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Para terduga juga didampingi 12 penasihat hukum dari Mabes TNI AD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.