Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Anggota Kopassus Jadi Saksi Kasus Lapas Cebongan

Kompas.com - 16/04/2013, 13:33 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Kepala Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kolonel (Inf) Widodo Raharjo mengatakan, pemeriksaan terhadap 11 anggota Komando Pasukan Khusus terduga pelaku penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta, masih terus dilakukan. Adapun pemeriksaan terhadap saksi dilakukan di Yogyakarta dan Semarang. 

"Masih dalam pemeriksaan, kan harus teliti. Saksi-saksi juga diperiksa," ujar Widodo saat dihubungi melalui telepon, Selasa (16/4/2013).

Selain petugas lapas, warga binaan lapas juga terdapat empat anggota Kopassus organik di Grup 2 Kandang Menjangan, Kartasura, yang diperiksa sebagai saksi. "Keseluruhan total yang diperiksa ada 57 orang, dari saksi-saksi termasuk 31 penghuni lapas dan terduga," ujar Widodo tanpa menyebut secara detail siapa saja empat anggota Kopassus tersebut.

Widodo mengatakan belum bisa menargetkan kapan pemeriksaan itu akan selesai. Terkait dengan proses persidangan, menurut rencana masih akan dilakukan di Oditur Militer II-11 Yogyakarta. "Nanti persidangan akan dilakukan terbuka dan transparan. Silakan siapa pun untuk mengikuti," ujar Widodo.

Seperti diberitakan, 11 terduga pelaku penyerangan Lapas Cebongan sudah diperiksa sejak Senin (8/4/2013) di Markas Polisi Militer Daerah Militer (Pomdam) IV/Diponegoro, Semarang. Para terduga pelaku diperiksa oleh 38 penyidik. Terdiri dari 3 perwira Puspom dan 35 orang dari Pomdam wilayah Denpom Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Para terduga juga didampingi 12 penasihat hukum dari Mabes TNI AD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com