Kompas.com - 12/04/2013, 13:53 WIB
EditorJodhi Yudono

PURWOKERTO, KOMPAS.com--Sejumlah tokoh lintas agama dan kepercayaan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar Kirab Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dengan menyusuri beberapa jalan utama di Kota Purwokerto, Kamis siang.

Kirab FKUB yang diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di Alun-alun Purwokerto diikuti puluhan delman yang ditumpangi para tokoh agama, penghayat kepercayaan, dan organisasi keagamaan.

Selain itu, Kirab FKUB juga menampilkan atraksi barongsai di atas truk tronton serta atraksi kentongan di atas truk.

Kirab ini berakhir di Jalan A Yani, Purwokerto, yang dilanjutkan dengan peresmian Kantor Sekretariat FKUB Kabupaten Banyumas oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua FKUB Kabupaten Banyumas Mohammad Roqib mengatakan, peresmian Kantor Sekretariat FKUB Kabupaten Banyumas dimaksudkan sebagai sarana sosialisasi kepada para pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat tentang keberadaan dan kegiatan FKUB di Kabupaten Banyuams.

"Peresmian ini sekaligus menandai secara resmi penggunaan kantor Sekretariat FKUB Kabupaten Banyumas sebagai pusat kegiatan dan program-program yang telah direncanakan," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, Sekretariat FKUB Kabupaten Banyumas menyediakan meja, kursi, dan perlengkapan yang diperlukan masing-masing elemen FKUB.

Lebih lanjut, dia mengatakan, umat dan warga yang hadir dalam peresmian ini berasal dari 36 unsur agama dan organisasi kemasyarakatan (ormas) dari tujuh iman yang ada di Kabupaten Banyumas.

Ke-36 unsur agama dan ormas ini terdiri atas Ahlul Bait Indonesia, Jamaah Ahmadiyah, Jamaah Tabligh, Lembaga Dakwah Islam Indonesia, Al Irsyad, Persatuan Islam Tionghoa, Dewan Dakwah Islam Indonesia, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Muslimat NU, Hizbut Tahrir Indonesia, Gerakan Pemuda Anshor, Aisyiyah, Fatayat NU, Nasyiyatul Aisyiyah, dan Pemuda Muhammadiyah.

Selain itu, Jama’atul Muslimin, Katolik, Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia, Kristen Bethel, Kristen Baptis, Kristen Indonesia, Kristen Advent, Kristen Jawa, Kristen Pantekosta, Kristen Injili, Paguyuban Ngesti Tunggal, Perjalanan Tri Luhur, Paguyuban Budaya Bangsa, Hindu, Vihara Prajna Maitreya, Buddha Dharma Indonesia, Khonghucu, Sapta Darma, Majelis Budhayana Indonesia, dan Penghayat Tri Tunggal Bayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.