Kompas.com - 11/04/2013, 15:56 WIB
EditorErvan Hardoko

TAIPEI, KOMPAS.com — Taiwan, Kamis (11/4/2013), menjadi negara pertama yang mengimbau warganya untuk menunda perjalanan ke Korea Selatan terkait rencana peluncuran rudal Korea Utara dan terus memanasnya situasi di Semenanjung Korea.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Taiwan memberlakukan waspada "abu-abu" untuk perjalanan apa pun ke Korea Selatan, salah satu tujuan wisata favorit warga Taiwan.

"Kemenlu akan terus memantau perkembangan di Semenanjung Korea dan terus memberikan informasi terbaru untuk memastikan keamanan warga," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri.

Berdasarkan Biro Wisata Taiwan, sekitar 40 persen rencana wisata ke Korea Selatan sudah ditunda sejak Rabu (10/4/2013).

Sekitar 1.400 kelompok turis Taiwan saat ini berada di Korea Selatan (Korsel), sementara agen wisata lokal diminta menyarankan penundaan perjalanan ke Korsel kepada para pelanggannya atau menawarkan destinasi wisata lain.

Pada 1992, Seoul memutus hubungan diplomatik dengan Taipei dan mengalihkannya ke Beijing. Meski demikian, Korsel tetap menjaga hubungan dagang, turisme , dan hubungan lainnya dengan negeri pulau itu. Tahun lalu, sebanyak 532.000 wisatawan Taiwan mengunjungi Korea Selatan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.