Kompas.com - 11/04/2013, 09:03 WIB
|
EditorRusdi Amral

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Gempa tektonik berskala I-II MMI, Kamis (11/4/2013) kembali mengguncang wilayah Gunung Api Dieng, di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Gempa tersebut terjadi antara pukul 00.00-06.00 WIB.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan, selain gempa tektonik tersebut, sepanjang rentang waktu yang sama tercatat tiga kali gempa vulkanik dalam. "Aktivitas kegempaan di sekitar Kawah Timbang masih tinggi. Ini yang melandasi kami untuk tetap mempertahankan status Siaga di Dieng," jelasnya.

Menurut dia, pada kondisi normal, intensitas gempa vulkanik dalam di Gunung Api Dieng tidak lebih dari 10 kali dalam sebulan. Sedangkan gempa dangkal terekam kurang dari 5 kali sebulan.

Sementara itu, dari pengamatan visual, kawah Timbang cukup cerah namun terkadang diselimuti kabut. Adapun angin tenang dan terpantau asap kawah Timbang putih tipis membubung tinggi 50 meter ke atas.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarjo, mengatakan, di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, yang berjarak sekitar 1.000 meter dari kawah, tercium bau belerang yang tajam. "Bau cukup menyengat, tetapi terkadang hilang tersapu angin," ungkapnya.

Hingga kini, status Gunung Api Dieng masih ditetapkan Siaga (level III) sejak Rabu (27/3). PVMBG masih merekomendasikan tidak ada aktivitas masyarakat pada radius 1 kilometer dari kawah Timbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.