Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Gabungan Teliti Patung Purbakala Situbondo

Kompas.com - 11/04/2013, 04:41 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Tim gabungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dan Dinas Keudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, datang ke Situbondo, Rabu (10/4/2013). Mereka meneliti benda purbakala berupa patung yang diselamatkan Forum Penyelamat Cagar Budaya (FPCB) Situbondo.

Usai bertemu dengan Wakil Bupati Rahmad di Pendopo Kabupaten Situbondo, tujuh anggota tim gabungan langsung bekerja melakukan penelitian terhadap patung purbakala yang ditemukan pada 10 Maret 2013. "Untuk sementara kami tidak dapat menyimpulkan tentang keaslian benda purbakala berupa patung itu, karena saat ini kami masih melakukan penelitian," ujar Kepala BPCB Jawa Timur Aris Soviyani.

Aris menambahkan, ada tiga hal yang akan diteliti oleh tim gabungan. Dia menyebutkan, ketiga hal itu adalah bahan pembuatan dalam patung atau arca tersebut, teknik pengarcaan, dan ikonografi dalam arca tersebut.

Selain itu, penelitian terhadap sejumlah patung purbakala yang ditemukan di Hutan Baluran Situbondo, juga dilakukan Johanes Marbun, arkeolog dari Universitas Gadjah Mada ( UGM). Marbun yang juga tergabung dalam LSM Madya bekerja sama dengan sejarawan Mansur Hidayat dari LSM Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit (MPPM) Timur. "Mereka berdua juga melakukan penelitian terhadap arca atau patung yang ditemukan di Hutan Baluran Situbondo," terang juru bicara FPCB Situbondo, Irwan Rakhday.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com